Tutorial Photoscape Membuat Puzzle Foto

Bookmark and Share
Tutorial photoscape terbaru kali ini membahas tentang pembuatan gambar puzzle atau teka-teki (berhubung saya nembak keyword ‘foto’, setelah ini kuganti jadi puzzle foto hehehe...). Kalau di kuis tv atau TTS (Teka Teki Silang) sering ada nih teka-teki foto. Teka-teki ini sebenernya foto yang dipotong menjadi beberapa bagian. Potongan-potongan ini kemudian diacak-acak tak beraturan, jadi deh puzzle fotonya..


Puzzle foto ini sangat bagus untuk melatih daya analisis anak, apalagi gambarnya berupa buah-buahan atau tokoh kartun yang lucu. Nanti bisa anda cetak pada kertas yang agak tebal seperti karton lalu digunting-gunting. Berikan pada anak supaya merangkai foto tersebut...

Contoh gambar puzzlenya seperti ini nih:


Sekarang anda pasti sudah mendapatkan gambaran kan kita akan membuat apaan... :) oke deh langsung saja dimulai Tutorial Photoscape kali ini... ada 2 tahap pengerjaan:

Memotong Foto dengan Splitter Photoscape


Langkah awalnya anda jalankan dulu program Photoscape. Nanti ada gambar huruf Q besar terbalik (sebenernya ini huruf P, hasil karya anaknya pembuat Photoscape kali yah...), cari icon Splitter yang artinya pembelah tepat di bawah huruf P itu...

Nah... Akan muncul Spitter Wizard (maksudnya jendela menu), kemudian anda klik tombol Add (nomer 1) lalu cari foto yang akan dibelah-belah pada folder di dokumen anda. Cari foto yang unik supaya sulit ditebaknya :)

Langkah selanjutnya anda atur berapa banyak potongan yang akan dilakukan. Ada dua pilihan yaitu Col, Row dan Width, Height (nomer 2). Col, Row memotong foto berdasarkan jumlah baris dan kolom yang ini membagi foto menjadi potongan-potongan sama besar dan tidak bersisa.




Sedangkan Width, Height memotong berdasarkan tinggi dan lebar sehingga gambar yang dipotong terkadang ada yang kecil ukurannya karena tidak habis dibagi. Hasilnya langsung terlihat kok di preview (nomer 3), anda bisa coba-coba sendiri deh...:)

Setelah pengaturan selesai anda boleh tekan tombol Split (nomer 4). Nanti yang keluar langsung Save wizard, foto anda langsung disimpan pada folder Output (folder tersendiri). Ada dua pilihan (nomer 5), pertama disimpan sesuai letak asal foto atau anda tentukan sendiri dimana anda akan menyimpan.

Anda juga dapat menyimpan foto dengan ekstensi berbeda dengan foto asal (nomer 6). Misalkan foto asal berekstensi JPEG, anda dapat menyimpan dengan ekstensi PNG, GIF atau BMP. Langaka selanjutnya tekan Split (nomer 7) lagi dan potongan-potongan foto pun otomatis tersimpan ke folder Output, ingat ya... “folder Output”.

Menggabungkan Foto dengan Combine Photoscape


Langkah berikutnya ini tinggal anda gabungkan potongan-potongan foto tadi dalam satu kotak / gambar. Tahap inilah anda acak-acak posisi foto tadi tidak seperti sediakala. Berhubung tahap ini menggunakan Fitur Combine, anda bisa baca artikel Tutorial Fitur Combine Photoscape agar lebih jelas.

Baiklah... singkatnya begini, anda drag potongan-potongan foto yang tersimpan di folder Output tadi secara acak. Misal potongan 5 dulu lalu potongan 7 kemudian 2, 9, 6, dan seterusnya... sampai habis. Selanjutnya anda atur jumlah kolomnya (nomer 8) agar sama seperti jumlah kolon pada potongan foto yang anda buat tadi. Misal tadi anda memotong foto dengan 3 kolom, berearti anda satukan potongan-potongan foto itu menjadi 3 kolom lagi. Gambarnya seperti ini:


Anda bisa lihat screenshoot di atas, nomer 9 adalah preview gambar yang akan disimpan. Langkah terakhir anda simpan gambar tersebut... selesai... Alhamdulillah...:)

Demikianlah Tutorial Photoscape ini selesai saya buat, semoga bermanfaat. Bila ada langkah-langkah yang kurang jelas bisa anda tanyakan dengan cara berkomentar di bawah artikel ini. Nantikan tutorial-tutorial selanjutnya di blog kesayangan anda ini Pemburu Tutorial hehehe...:)

bila anda tertarik mempelajari artikel ini secara offline, download di sini

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

ayo komentar....

Tutorial Foto dan Game

Tas Handmade Wanita

Tas Handmade Maika Etnik